Room Attendant

Hotel-Service-Apartment-Country-Club-Housekeeping-Room-Attendant-Housekeeper-uniform-design-766x500

courtesy : modoleen.com

Usaha pariwisata perhotelan pada dasarnya menjadikan kamar tamu sebagai “jualan” utamanya, disamping produk lain seperti penjualan makan dan minuman serta penyelenggaraan perhelatan atau konvensi. Berdasarkan hal tersebut maka peranan seorang petugas kamar atau room attendant sangat dibutuhkan, room attendant tidak hanya bertugas dalam menyiapkan kamar tamu agar benar-benar siap untuk dijual atau ditempati oleh tamu, namun juga bertanggung jawab dalam menjaga reputasi baik sebuah hotel.
Seorang room attendant setidaknya mempunyai 5 tugas pokok (American Hotel & Lodging Educational Institute), yaitu :
1. Guest Relation; menjaga hubungan baik dengan tamu (guest relation), merupakan tugas semua karyawan hotel termasuk room attendant. Dengan terjalinnya hubungan baik antara tamu dengan room attendant diharapkan tamu akan betah menempati kamarnya, dan pada akhirnya menjadikan hotel tersebut sebagai pilihan utamanya untuk menginap.
2. Menjaga Keselamatan Tamu dan Keamanan Kamar; room attendant turut bertanggung jawab atas keselamatan utamanya pada saat tamu menempati kamarnya. Petugas kamar harus dapat memastikan bahwa seluruh perabotan kamar tidak akan mencelakan tamu apabila digunakan dengan benar. Disamping itu seorang room attendant diwajibkan juga untuk memeriksa keadaan dan fungsi perabotan kamar serta membuat laporan tentang kerusakan atau tidak berfungsinya perlengkapan atau perabotan kamar
3. Membersihkan Ruang Tidur; pekerjaan utama yang harus mampu dilakukan oleh room attendant adalah menata tempat tidur. Disamping itu petugas kamar juga harus mampu membersihkan seluruh area kamar tidur dan memastikan tidak bagian yang terlewatkan serta melengkapi kelengkapan kamar tidur.
4. Membersihkan Kamar Mandi; pekerjaan utama lainnya yang harus mampu dilakukan oleh seorang room attendant adalah membersihkan kamar mandi serta melangkapinya dengan lena dan kelengkapan kamar mandi lainnya. Dalam membersihkan kamar mandi, room attendant harus menerapkan prinsip-prinsip dasar sterilisasi seperti mencuci, menggosok dan membilas serta mengeringkan. Dalam melakukan pekerjaan membersihkan kamar mandi, room attendant juga harus mampu menjaga kesehatan dirinya.
5. Tugas Administrasi; dalam melaksanakan pekerjaannya seorang room attendant juga harus mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan administrasi kamar, seperti mengisi formulir kerja, laporan tentang jumlah tamu setiap kamar, membuat laporan kerusakan dan perbaikan, serta membuat laporan kehilangan dan penemuan.
Persyaratan untuk menjadi seorang room attendant sangat bervariasi, namun ada beberapa acuan yang dikeluarkan oleh William Angliss Institue, seperti :
1. enjoy practical work
2. neat personal appearance
3. good personal hygiene
4. honest and reliable
5. able to cope with the physical demands of the job
6. able to stay calm in difficult situations.(William Angliss Institute)

About tettaisla

orang biasa yang mencoba bergaul dengan orang-orang yang biasa melahirkan karya-karya luar biasa
This entry was posted in Room Division. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s