Pengalihan Isu

Displaying image.jpeg

Semua dari kita yang pernah belajar tentang kebijakan publik akan paham dengan kata-kata: agenda setting; policy formulation; decision making; sampai pada policy evaluation (lihat Howlet dan Ramesh, 1995).
Kebijakan (policy) tidak dapat disamakan dengan kebijaksanaan (wisdom). Kebijakan memerlukan telaah komprehensif dan melibatkan banyak pihak, sementara kebijaksanaan adalah keputusan yang diambil oleh perseorangan yang terkadang tanpa telaah komprehensif serta tidak melibatkan banyak pihak.
Kebijakan dapat diartikan sebagai suatu keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu (lihat Thomas Dye, 1981). Kebijakan dapat pula diartikan sebagai sebuah patron yang dibuat agar setiap orang mempunyai pola yang sama dalam mengerjakan sesuatu.
Saat ini sangat ramai diperbincangkan perseteruan antara KPK dan Polri, pada dasarnya ini adalah isu. Isu ada yang terjadi dengan sendirinya ada pula yang sengaja didesain utk kemudian dihembuskan ke khalayak. Isu yang dihembuskan ke masyarakat sejatinya untuk mengukur pendapat masyarakat atau sering disebut test water, tentang sebuah kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah.
Sifat dari setiap isu itu adalah berlomba utk mengemuka, bertujuan untuk “menggoda” agar diperhatikan oleh pemerintah untuk selanjutnya dibuatkan sebuah kebijakan.
Di sisi lain, akhir-akhir ini juga terjadi pembicaraan antara pemerintah Indonesia dengan pihak freeport. Karena sifatnya masih pembicaraan, maka saya menyebutnya sebagai sebuah isu. Dalam isu tersebut terkandung perihal sistem kontrak karya antara freeport dengan pemerintah Indonesia, tentu saja ada pula isu siapa mendapatkan apa dan berapa ?.
Isu lain adalah tentang pembelian minyak oleh pemerintah Indonesia ke Senegal. Isu ini pernah ramai tapi entah kenapa perlahan tapi pasti menjadi redup.
Jika kedua isu terakhir mendominasi ruang publik, dapat dipastikan akan ramai karena ada “fee” yang bermain di ranah itu. Fee itu harus diketahui oleh masyarakat luas sehingga tidak terjadi kecurigaan-kecurigaan yang berujung pada fitnah keji.
Saya berharap semoga isu KPK dan Polri ini terjadi semata-mata dengan sendirinya, dan bukan sengaja di-setting untuk menutupi isu freeport dan pembelian minyak  Senegal. Wallahualam Bissawwab.

About tettaisla

orang biasa yang mencoba bergaul dengan orang-orang yang biasa melahirkan karya-karya luar biasa
This entry was posted in potpourri. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s