Akpar Makassar Latih Supervisor Clarion Hotel & Convention

Manajemen Clarion Hotel and Convention Makassar melaksanakan supervisor training dengan tema Train the Trainer. Pelatihan ini akan dilaksanakan dari tanggal 21 – 23 Mei 2008, peserta pelatihan ini adalah semua karyawan clarion yang berada pada level supervisor.

Anggiat Sinaga sebagai general manager hotel ini, dalam sambutannya ketika membuka pelatihan tersebut mengatakan, supervisor merupakan calon leader di masa datang untuk itu mengisi diri merupakan kebutuhan mutlak. Disamping itu pelatihan ini juga sebagai upaya untuk melatih para supervisor menerjemahkan kebijakan manajemen yang saat ini begitu gencar melakukan penetrasi pasar.

Dalam pelatihan ini pihak clarion menggandeng Akpar Makassar sebagai mitra yang menurut Anggiat, Akpar Makassar adalah lumbungnya ilmu perhotelan dan pariwisata. 7 (tujuh) orang dosen dan instruktur bertindak sebagai trainer. Kulaifikasi para trainer tersebut tidak diragukan lagi, menurut Humas Akpar Makassar Daniel Adolf Ohyver, ketujuh trainer tersebut berkualifikasi strata dua dan sebagian besar merupakan alumni dari Canberra Institute of Technology Australia.

Endro Pramudjoko yang mewakili Direktur Akpar Makassar dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk melatih para supervisor agar dapat menjadi pelatih bagi bawahannya.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain analisis kebutuhan pelatihan, metode dan alat bantu pelatihan serta praktik micro teaching. Islahuddin salah seorang trainer mengungkapkan, kelemahan yang sering terjadi pada seorang supervisor adalah ketidak-mampuannya untuk mengarahkan bawahannya melakukan tugas sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Seorang supervisor harus mampu menjadi pelatih sekaligus pembimbing bagi bawahannya.

Diakhir sambutannya Anggiat kembali mengingatkan bahwa, asset utama sebuah hotel adalah sumber daya manusia, property bagaimanapun bagusnya tidak akan berarti tanpa didukung oleh SDM yang mumpuni.

About tettaisla

orang biasa yang mencoba bergaul dengan orang-orang yang biasa melahirkan karya-karya luar biasa
This entry was posted in potpourri. Bookmark the permalink.

One Response to Akpar Makassar Latih Supervisor Clarion Hotel & Convention

  1. MELCHISEDEC says:

    Dhe bangga ku pak klo di bilang AKPAR makassar merupakan LUMBUNGNYA ILMU PERHOTELAN DAN PARIWISATA….

    mudah2han semua keluarannya AKPAR mksr paling banter jd SUPERVISOR…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s