Perencanaan Anggaran Operasional

1.          Proses pembuatan anggaran dimulai jauh hari sebelum anggaran tersebut akan digunakan, proses pembuatan anggaran dimulai dengan pembuatan perencanaan anggaran tahunan

2.          Proses pembuatan rencana anggaran memerlukan koordinasi yang erat dari semua jajaran manajemen. Dalam proses ini pekerjaan yang dilakukan mencakup :

a.     Mengumpulkan informasi
b.     Memformulasikan unsur – unsur yang direncanakan
c.     Mempertimbangkan ulang tujuan dan sasaran
d.     Membuat keputusan akhir

3.          Anggaran operasional dibuat dalam satuan satu tahun anggaran, dikenal juga sebagai tahun fiskal. Dalam pembuatan perencanaan budget, maka langkah awal yang dilakukan adalah memperkirakan tingkat penjualan kamar. Hal ini mencakup dua hal. Pertama tingkat penjualan kamar mempengaruhi operasional semua departemen. Kedua – dan hal ini merupakan hal yang terpenting adalah, hampir semua pengeluaran departemen dapat diperkirakan (bahkan dapat mengontrol pengeluarannya) berdasarkan tingkat penjualan kamar)

4.          Perkiraan tingkat penjualan kamar juga merupakan hal yang mutlak bagi HK karena dengan tingkat hunian ini, maka ada beberapa hal yang dapat diprediksi, seperti  jumlah upah dan gaji karyawan, pengeluaran untuk recycled dan non-recycled

5.          Konsep cost per occupied room merupakan “alat” yang umum digunakan oleh housekeeper untuk menentukan tingkat pengeluaran pada kategori yang berbeda. Berdasarkan tingkat hunian,  housekeeper dapat memprediksi pengeluaran untuk gaji dan upah, cleaning supplies, guest supplies, dan lain – lain

6.          Tingkat hunian kamar umumnya dibuat oleh FO Manager bekerjasama dengan GM. Perkiraan tingkat hunian kamar tidak saja didasarkan pada data tingkat hunian tahun sebelumnya, tetapi juga berdasarkan informasi yang diberikan oleh bagian pemasaran.  

7.          Berdasarkan perkiraan tingkat hunian, departemen yang pengeluarannya tergantung pada tingkat hunian, akan membuat perkiraan biaya operasionalnya untuk diserahkan ke GM dan bagian controler untuk diperiksa.

8.          Manajemen tingkat atas akan menganalisa dan menyesuaikan anggaran setiap departemen. Berdasarkan rencana anggaran tersebut, maka top level manajemen akan merencanakan dengan matang tujuan dan sasarannya.

9.          Anggaran yang dibuat oleh setiap departemen dan diajukan kepada GM, pada saat dikembalikan (apakah disetujui atau tidak) akan disertai dengan catatan dan rekomendasi penyesuaian. Rekomendasi itu antara lain adalah bagaimana meningkatkan keuntungan dan mengontrol pengeluaran sambil tetap mempertahankan mutu pelayanan.

10.      Dalam kaitannya dengan tingkat hunian kamar, anggaran mencerminkan tingkat pelayanan yang dapat diberikan kepada tamu. Dalam hal ini kepala bagian, utamanya housekeeper, sangat penting untuk melaporkan tingkat pelayanan yang dapat diberikan berdasarkan penyesuaian anggaran yang dilakukan

11.      Jika top level manajamen menurunkan tingkat anggaran, maka housekeeper harus dapat menjelaskan dengan gamblang, jenis layanan apa yang dapat dihilangkan atau dikurangi.

12.      Untuk itu diperlukan diskusi ataupun perundingan yang terus menerus agar didapatkan kesesuaian antara semua pihak. Dalam hal ini tarik – menarik kepentingan sangat kental nuansanya

Akhirnya, sebuah anggaran mencerminkan perkiraan, sasaran dan kewajiban yang harus ditaati oleh setiap orang. Setiap departemen harus mempunyai komitmen untuk bekerja sesuai dengan anggaran yang ditetapkan. Sekali sebuah anggaran ditetapkan, maka akan mengikat semua bagian yang terlibat di dalamnya, dan hal tersebut dapat dijadikan sebagai

About tettaisla

orang biasa yang mencoba bergaul dengan orang-orang yang biasa melahirkan karya-karya luar biasa
This entry was posted in Room Division. Bookmark the permalink.

31 Responses to Perencanaan Anggaran Operasional

  1. TITIMUZIYA says:

    untuk membuat anggaran tahunan harus melakukan perencanan terlebih dahulu dan sangat di butuhkan kerja sama serta kordinasi antara sesama depheat..perkiraan tingkat hunian kamar adalah salah 1 kunci untuk merencanakannya…karena dengan ini juga housekeeper dapat memprediksi pengeluaran untuk gaji dan upah, cleaning supplies, guest supplies, dll.setelah perencanaan anggaran telah di tentukan maka perencanaan tersebut akan di serahkan ke GM untuk di periksa dan di acc,,, setelah peren canaan berjalan,,, koordinasi antara depheat sangat di butuhkan untuk ke stabilan perencanaan,,, MENURUT SAYA DAN YANG SEPERTI INI PA’

  2. etscha says:

    Bapak…how was ur weekend…???
    waahh….postingannya pas valentine nech, ga kluar jalan gitu pak??
    anyway my question ada pada point 11
    mengenai top management yang menginginkan anggaran dikurangi, tapi berimbas pada pengurangan-pengurangan. klo top manajemen tetap kekeuh ingin menghemat anggaran dengan akibat pengurangan yang pada dasarnya merugikan, apa seorang Housekeeper harus menurutinya atau tetap idealis dengan pendirian seorang Housekeeper??

  3. Fira says:

    perencanaan anggaran tahunan sangat diperlukan untuk mengetahui berapa besar keuntungan dalam setahun. Perencanaan anggaran juga harus sesuai dengan perkiraan akan tingkat hunian kamar, agar masing2 depthead dpt merencanakan anggaran yang akan mereka keluarkan yang akan diperiksa sebelum di acc oleh GM.
    jadi menurut saya dengan adanya perencanaan anggaran ini GM dan manajemen akan mengetahui berapa banyak pengeluaran mereka tiap tahunnya.

  4. Dwi Pratiwi says:

    perencanaan anggaran tahunan sangat diperlukan untuk mengetahui berapa besar anggaran pendapatan dan belanja suatu badan usaha (hotel) dalam satu periode tertentu.

  5. elvin says:

    Tingkat hunian kamar sangat berpengaruh terhadap pembuatan anggaran tahunan.
    Anggaran yang telah dibuat terlebih dahulu di laporkan ke GM untuk disetujui…..apakah anggaran yang diajukan telah sesuai atau tidak.

  6. Fadlun Lukman says:

    Perencanaan anggaran sangat diperlukan, dengan memperhatikan kelemahan, kekuatan, peluang dan tantangan suatu usaha.

  7. HERU says:

    perencanaan anggaran tahunan itu berdasarkan perkiraan tingkat hunian kamar yang dikoordinasikan dengan FOM, trus kalo daily budgetingnya bagaimana pak?

  8. Claudia Stefany says:

    dalam merumuskan suatu rencana anggaran, sebaiknya mengacu pada anggaran belanja dan pendapatan hotel periode yang sebelumnya. selanjutnya, sebaiknya Setiap departemen harus mempunyai komitmen untuk bekerja sesuai dengan anggaran yang ditetapkan.

  9. Furwasih Yuliana says:

    Perencanaan anggaran harus sesuai dengan perkiraan akan tingkat hunian kamar, agar masing2 depthead dpt merencanakan anggaran yang akan mereka keluarkan yang akan diperiksa sebelum di acc oleh GM.

  10. RIRIN SINAGA says:

    untuk membuat budgeting planning seorang housekeeper harus berkoordinasi dengan FOM dan MARKETING mengenai Occupancy forecast….tapi itukan hanya untuk cost per occupied room trus kalo bagian lainnya pak, seperti LAUNDRY, Public Area, Florist, penentuan budgetnya seperti apa??? atau forecast kamar sudah menjadi representatif outlet lain?? mohon dijelaskan lagi pak yaaaaaahhhhhh…………..^_^

  11. fahmi says:

    perencanaan anggaran sangat lebih diperlukan untuk mengetahui besarnya anggaran pendapatan dan belanja suatu usaha [hotel]dalam suatu periode tertentu.

  12. Kikhy says:

    Perencanaan anggaran sangat diperlukan…..
    data tingkat hunian kamar di tahun sebelumnya dapat dijadikan acuan untuk membuat anggaran tahun berikutnya….

  13. indar says:

    dalam menyusun sebuah anggaran, tingkat hunian kamar sangat berkaitan erat dengan banyaknya anggaran yang dikeluarkan pada periode tersebut……

  14. Rini Yusnita says:

    Assalamualaikum……
    anggaran mencerminkan tingkat pelayanan yang diberikan kepada tamu, yang saya tangkap dalam kalimat ini adalah tentang pelayanan jasa dari Room Attd, Public area atau yang menjadi tanggung jawab Housekeeper. Jadi jika mereka diwajibkan untuk memberikan pelayanan yang sangat memuaskan untuk tamu berarti Housekeeper harus memperhitungkan anggaran yang ‘lebih’ agar pelayanan maksimal tadi dapat diaplikasikan dan tentunya dengan bantuan berbagai fasillitas yang dibutuhkan oleh tamu. Saya yakin bapak akan menjelaskan maksud kalimat tadi dengan lebih jelas… terima kasih……..

  15. yusdi says:

    sy agak setuju dgn cost per occupied room karna dapat menjadi tolak ukur dasar untuk menentukan anggaran dasar operasional.tentunya hk tetep koordinasi dgn dept lain karna dept yang lain juga berpengaru dengan anggaran yg akan hk buat. Bongi melo pak

  16. Abrianto says:

    Sebelum melakukan pembuatan Anggaran tahunan. kita terlebih dahulu membuat suatu perencanaan.Sehingga apa yang ingin kita lakukan dapat berjalan sesuai dengan harapan yang di ingin kan….thanks….

  17. Hasmiati says:

    Pa Is ,saya kurang mengerti pada poin ke 5.Yaitu Konsep cost per occupeid room…..???????Mohon di jelaskan lebih detail…Thanks.

  18. mardilanto says:

    Perencanaan anggaran tahuan sangat penting karena. Agar kita mengonrol budget yang akan dikeluarkan setiap tahunnya. Karna tanpa perencanaan yang matang maka budget yang dikeluarkan tdk akan balance setiap tahunnya?????

  19. HANDRI YOSEPH says:

    syalooommmm
    sorry pa’ telat ka kasih comment……maklum
    Perencanaan anggaran merupakan awal dari pelaksanaan operasional di hotel…jika rencana anggaran dari dept. head sudah di setujui oleh GM maka kegiatan operasional bisa dilaksanakan….bagaiman jika perencanaan anggaran dari dept. head tidak di setujui (dikurangi) oleh GM,apa tindak lanjut dari Housekeeper maupun GM??inikan sangat berdampak pada kualitas pelayanan dan kepuasan tamu….

  20. Muh. Amri Basri says:

    Perencanaan anggaran di buat untuk mengetahui pegeluaran yang akan terjadi nantinya….khususnya di HK dept. pengeluaran gaji dan upah karyawan, cleaning equipment, cleaning supplies dll…..Jika perancanaan anggaran dikurangi apakah Housekeeper menyetujui atau membuat perencanaan anggaran yang baru…???????????

  21. A. Baswan Eka Putra says:

    malaaaaaaaaaaaaam paak……..!!!!!!!
    Perencanaan anggaran dibuat jauh sebelum anggaran tersebut digunakan nantinya.sebuah anggaran memcerminkan tingkat pelayanan kepada tamu,oleh karena itu dept head juga harus memperhitungkan anggaran yang digunakan agar supaya tingkat pelayanan itu lebih maksimal untuk terwujudnya hal tersebut maka setiap orang harus menaatinya……..
    pak…tolong jelaskan poin no.4 na….pleaaaaaseeeeee

  22. Joharuddin says:

    Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Sorry banget yah pa’ baru kirim comment nya soalnya baru ka kdong keluar dari desa ku yang ada di samata Gowa disana so. comment saya seperti ini pak:
    Saya sangat setuju dengan Perencanaan Anggaran Operasional pada suatu Hotel memang harus direncanakan jauh hari sebelumnya karena ini merupakan hal yang penting dalam kegiatan operasional suatu Hotel. Mungkin bisa kita bayangkan bagaimana amburadulnya kegiatan operasional pada suatu hotel apabila tidak adanya perencanaan tersebut iye toh pak!!!!! namun dari beberapa penjelasan yang bapak paparkan ini masih ada beberapa point yang saya belum mengerti dan ingin skali saya tanyakan yaitu pada point 4&11 kalau bisa tolong jelaskan dengan baik pak nah
    eh sampe lupa “met valentine pak” walaupun udh telat. Pak Is katanya minggu ini kuliahnya sudah dilantai 2 tapi ko’ masih dilantai 3 cape’ naik tangga truz tiap naik turun uh cuape deh sdh smt 6 masih dilantai 3 ( curhat ini pak )

  23. Muh. Ikhwan Azis says:

    trus terang pak saya masih tidak mengerti dengan semua apa yang bapak tullis. Bisa ki jelaskan besok pak!!!!

  24. Vini Wahyuni says:

    Sory ya pak’………baru ngasih komen sekarang
    Anggaran Tahunan memang sangat diperluhkan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang dapat di peroleh dalam satu tahun,,tapi perencanaan anggaran juga harus sesuai dengan perkiraan tingkat hunian kamar…………..
    Maaf pak’ cuman itu bisa saya simpulkan dari pembahasan di atas..
    kLo bisa mohon di jelaskan kembali di kelas

  25. AHMAD says:

    Assalamu Alaikum,,,,,,
    Pamopporanga kodong karaeng, baruka kirim comment!!!!!!
    Anggaran Tahunan memang sangat diperlukan untuk suatu organisasi apalagi pada suatu hotel. Karena dengan begitu kita dapat mengetahui seberapa besar keuntungan atau kerugian yang diperoleh dalam satu tahun tersebut. apabila anggaran tahunan tidak ada, maka kita tidak dapat me-manage atau mengontrol pengeluaran dalam satu tahun tersebut. thanks coz sudah dimaafkan. Hehehe…….

  26. Muhammad Anis says:

    Assalamu Alaikum Wr Wb.
    Pertama-tama saya minta maaf kepada Bapak atas kesalahan saya, mohon sekiranya Bapak memaafkan dengan seikhlas-ikhlasnya..Walaupun begitu saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada Bapak telah memperingatkan kami untuk tidak bebuat untuk yang kedua kalinya dan mudah-mudahan ini yang pertama dan terakhir kalinya..

    Proses pembuatan perencanaan anggaran(budget) memerlukan koordinasi dengan manajemen, dengan berpatokan kepada tingkat hunian kamar.,karena dengan occupancy seorang Housekeeper dapat mengetahui berapa budget yang diperlukan untuk operasional, serta memperkirakan upah dan gaji karyawan berdsarkan tingkat occupancy..
    Perencanaan yang telah dibuat oleh Dept Head akan diserahkan kepada GM untuk dianalisa mengenai sasaran dan tujuannya…

  27. Muliadi says:

    saya minta maaf pak tidak menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, saya harap bapak mengerti dengan keadaan saya, thank before.
    dalam melakukan perencanaan anggaran, kita harus selalu melihat atau belajar dari hari perencanaan- perencanaan sebelumnya, supaya kita dapat dengan mudah untuk menentukan budget yang akan kita gunakan.

  28. Dedi Prasakti says:

    Assalamualaikum pak…….!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Maaf pak terlambat kumpul tugas………!!!!!
    Saya cuman mau mengomentari yang ada di point 11, yaitu di mana seorang housekeeper harus betul-betul mempunyai kemampuan manajerial disaat tingkat anggaran akan di kurangi seorang housekeeper mampu menghilangkan atau mengurangi layanan, tetapi tetap menjaga kenyamanan para tamu dan tidak merasa layanan terhadap mereka di kurangi atau sudah tidak betah berada di hotel tersebut.Thanks atas tugas nya pak..

  29. dedi says:

    Assalamualaikum pak…….!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Maaf pak terlambat kumpul tugas………!!!!!
    Saya cuman mau mengomentari yang ada di point 11, yaitu di mana seorang housekeeper harus betul-betul mempunyai kemampuan manajerial disaat tingkat anggaran akan di kurangi seorang housekeeper mampu menghilangkan atau mengurangi layanan, tetapi tetap menjaga kenyamanan para tamu dan tidak merasa layanan terhadap mereka di kurangi atau sudah tidak betah berada di hotel tersebut.Thanks atas tugas nya pak..

  30. JASDIN.R says:

    Malam p”is…………………. Kayaknya saya yang paling terlambat kumpul tugas sorry p” ……………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    menurut saya p” perencanaan anggaran tahunan sangat di perlukan untuk memanage & mengetahui seberapa banyak pengeluaran (budget),dalam setahun,seperti cleaning supplies,equipment ataupun gaji karyawan
    sekiranya cuman itu commentku p” ,masih banyak yang belum kumengerti mungkin bisa di jelaskan besok…..
    thank’s P’is.
    see U tomorrow…………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  31. Pingback: APBK,keluarga | nasrullahrahim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s