Attitude

Sore ini (24 Januari 2008) kami berempat (kang Herry, kang Daniel dan kang Kemal serta saya), bertemu di lobby hotel Quality Makassar dengan dua orang penting, Bapak Eddy Mandala dan Bapak Natsir Effendy, kenapa penting ?, pertama, mereka berdua adalah Operation Manager dari PT. Prasmanindo Boga Utama (PT.PBU) kedua, yang kami bicarakan adalah recruiting calon karyawan bidang food and beverage dan housekeeping, ketiga, masalah penempatan training mahasiswa Akpar Makassar di Balikpapan.

Perbincangan yang pada awalnya agak kaku (maklum pertama kali bertemu), berubah cair setelah Bapak Eddy berhasil ‘breaking the ice’ dengan menyebut nama Arwin Kadir. Arwin Kadir adalah mantan dosen saya di sebuah akademi perhotelan, dia juga mantan manager di beberapa hotel di berbagai tempat di Indonesia, dan juga mantan seorang bartender dan dijadikan ‘suhu’ oleh ‘adik-adiknya’ yang berkecimpung di dunia hotel dan restaurant.

Arwin Kadir pada tahun 1984 menciptakan sebuah master piece, Makassar Sling yang merupakan modifikasi dari Singapore Sling, jika Singapore Sling mengandung Grenadine Syrup maka, Makassar Sling mengandalkan Marquise Juice atau saripati buah markisa sebagai pemanisnya. Minuman itu disajikan pada saat Perdana Menteri Lee Kwan Yeuw bertemu dengan Presiden Soeharto di Makassar Golden Hotel.

Perbincangan menjurus serius ketika Bapak Eddy dan Bapak Natsir menyinggung masalah in house training bagi karyawannya. Menurut Beliau berdua, ada yang harus ditanamkan pada karyawan mereka, yaitu hotelier attitude, manner dan bagaimana merubah perilaku mereka. Perilaku yang terkadang menimbulkan complain dari pemakai jasa PT. PBU, misalnya dalam melaksanakan pekerjaannya terkadang sambil SMS-an atau perilaku lain yang tidak layak untuk dilakukan.

Hmm…., rupanya sikap menjadi sesuatu yang masih amat dibutuhkan namun juga masih agak sulit diterapkan oleh sebagian karyawannya. Sikap merupakan sesuatu yang biasa dan sederhana namun akan menjadi poin penilaian yang luar biasa. Apalagi bagi sebuah perusahaan sekelas PT.PBU yang berpusat di Perancis.

Attitude menyangkut cara seseorang berfikir atau merasakan sesuatu. Attitude juga dapat berarti sikap yang dapat mempengaruhi penilaian orang lain terhadap kita, attitude juga akan mampu merubah simpati menjadi antipati atau sebaliknya.

Attitude yang diperlukan oleh karyawan yang bekerja di PT.PBU adalah sikap seorang hotelier yang tangguh dalam menghadapi ketatnya pekerjaan. Ketangguhan dalam menghadapi tuntutan pekerjaan akan hambar apabila tidak dibarengi oleh sikap sebagai seorang pemberi jasa atau hotelier attitude, sedangkan sikap yang baik sebagai seorang hotelier akan lumpuh bila tidak dibarengi dengan ketangguhan.

PT.PBU memerlukan karyawan yang tangguh karena mereka akan ditempatkan di lokasi yang mungkin saja jauh dari keramaian kota, melayani sekian ratus bahkan ribuan orang dalam waktu yang bersamaan, sedangkan hotelier attitude juga dibutuhkan oleh karyawan PT.PBU pada dasarnya bergerak dalam bidang jasa atau services, PT.PBU melayani karyawan pertambangan dari level bawah sampai pada level foreign expert.

Untuk itu jika anda berminat bergabung bersama PT.PBU ada dua hal (disamping tentunya knowledge dan skills yang mumpuni) yang perlu anda miliki, yang pertama adalah attitude yang baik dan yang kedua anda harus tangguh, bila keduanya anda tidak miliki carilah perusahaan lain, bila hanya salah satu yang anda miliki, sebaiknya urungkan niat anda untuk bergabung bersama Pak Eddy dan Pak Natsir.

About tettaisla

orang biasa yang mencoba bergaul dengan orang-orang yang biasa melahirkan karya-karya luar biasa
This entry was posted in Paseng. Bookmark the permalink.

8 Responses to Attitude

  1. frank says:

    It was really amazing.
    I mean you can be…..you know.
    tak salah Pak Bendhi tinggal di Ujung andang selama beberapa tahun,toch bibit dan calon rektor/Directur STP nampak juga. Insya Allah.

  2. yuzz says:

    pak is, saya jadi kepengen ketemu ama Akang akang yg di sebut2 bukan ama Pak Eddy atau Pak Natsir hahhahahah

  3. ABRIANTO says:

    attitude memang sangat penting di dalam dunia perhotelan…HIDUP ATTITUDE..,,,

  4. ABRIANTO says:

    Pa’Is saya sudah kirim comment di Kopi.. dan Importen….tp commentnya tdk masuk..thanks atas pengertianya..

  5. RIRIN SINAGA says:

    SATUJUUUUUUUU, hehehe, i do really agree with u sir… hareee genee mah ATTITUDE dah jadi modal buat masa depan yang cerah…but harus ada balancing between knowledge, skill and attitude also for a better live in a future…

  6. mardilanto says:

    Setuju bangeeet Pak.Inikan sangat penting apa lagi anak perhotelan,ya harus punya ATTITUDE yg baik donk…..

  7. jasdin rasding says:

    ATTITUDE sangat penting bagi seorang hotelier,tapi harus di imbangi dengan skill & knowlage okey…………..

  8. muliadi says:

    cara bergaul, bertutur kata yang baik, dan mampu menempatkan diri, adalah salah satu syarat untuk menjadi orang yang bisa di terima disetiap kalangan, untuk itu z minta pendapat bapak mengenai saya pribadi!!!!!! thank’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s